CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 12 Juni 2009

Kamus Web dan Istilah Teknologi Informasi (TI)

HTTP : HyperText Transfer Protocol, suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web.
FTP : suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol.
XAMPP : merupakan salah satu paket installasi Apache, PHP dan MySQL instant yang dapat kita gunakan untuk membantu proses installasi ketiga produk tersebut.
PHP : bahasa pemrograman untuk dijalankan melalui halaman web, umumnya digunakan untuk mengolah informasi di internet.
Apache : Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP.
MySQL : sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread & multi user.
HTTP Fingerprint : salah satu cara sebelum kita memulai hacking
web/server. Dengan HTTP Fingerprint kita bisa mengetahui jenis web
server,jenis metode yang dipakai oleh webserver dan bahkan mengetahui
jenis OS dari Server tersebut.
Oracle (NASDAQ: ORCL) : perusahaan piranti lunak enterprise terbesar di dunia yang menyediakan piranti lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk-produk database, application server, collaboration selain enterprise business applications dan perangkat application development. Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas Internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern. PT Oracle Indonesia adalah anak perusahaan dari Oracle Corporation, yang didirikan pada tahun 1995.
Filter : proses penyaringan yang diterapkan dalam mengakses suatu kumpulan informasi sehingga sesuai yang diinginkan. Alat atau rutin program yang dipakai untuk memisahkan sinyal atau data berdasarkan kondisi tertentu.
Programming Language (Bahasa Pemrograman) : bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut.
Bahasa Pemrograman C (C Language): Bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Denis Ritchie dan Brian Kerninghan di Bell Laboratories pada tahun 1972. Bahasa C dikenal efisien dan sangat portabel sehingga dapat digunakan di berbagai plattform.
Java : sebuah bahasa pemrograman komputer berbasiskan Object Oriented Programming atau Pemrograman Berorientasikan pada Objek. (jenisya J2EE, Java script, Java Applet, dll)
CSS (Cascading Style Sheets) : bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.
AJAX (asynchronous JavaScript and XML) : jenis bahasa pemrograman web yang behubungan dengan tehnik web developtment yang digunakan utnuk membuat aplikasi web yang interaktif, lebih cepat, dan lebih baik.
Phyton :bahasa pemrograman model skrip (scripting language) yang berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Thanks to trik-tips.blogspot.com untuk kamus webnya

0 komentar: