CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 13 Januari 2009

SPESIFIKASI KOMPUTER UNTUK AKSES INTERNET

Perkembangan Teknologi dan Komunikasi saat ini memungkinkan kita dapat menghubungkan komputer kita dengan internet. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik diperlukan protokol komunikasi. Secara sederhana, protokol komunikasi adalah tata cara yang harus diikuti oleh semua pihak yang berkomunikasi dalam melaksanakan komunikasi. Demikian pula halnya untuk berkomunikasi antar komputer yang terlibat dalam komunikasi harus mengikuti tata cara tertentu.

Untuk komputer yang akan berkomnikasi lewat jaringan internet,protok yang harus diikuti adalah protokol internet yang disingkat IP yaitu Internet Provider. Internet Provider adalah badan usaha yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk dapat mengakses,anda cukup menghubungi Internet Service Provider melalui komputer dengan modem,selanjutnya akan mengurus detail-detail lainnya yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.

Protokol Internet disediakan oleh beberapa jenis program atau software komunikasi. Beberapa diantaranya adalah Internet Explorer (IE) , Netscape Navigator dan Mozillilla (sistem operasi Linux). Perangkat lunak inilah yang akan mengatur dan menerapkan tata cara komunikasi untuk memungkinkan komputer anda berkomunikasi dengan komputer lain.

Jadi selain persyaratan perangkat keras atau hardware yang harus ada juga sangat mutlak diperlukan sebuaha perangkat lunak atau software yang harus diinstal. Bila sistem operasi yang diinstal pada komputer anda adalah windows maka besar kemungkinan software Internet Explore sudah terinstal di dalam komputer anda.


dikutip dari buku
KRESNA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI SEMESTER GASAL
yang diterbitkan oleh SINAR MANDIRI di Klaten
yang disusun oleh Eko Supriyadi, M.Pd dan Drs.Harijono

0 komentar: